Seminar Nasional Dunia Siber Mendatangkan Kolonel Sus Dr. Rudy A. G. Gultom dari Lemhanas RI

Posted on Posted in Berita

Jurusan Hubungan Internasional Universitas Jenderal Soedirman menyelenggarakan Seminar Nasional bertajuk “Strategi Indonesia Dalam Menghadapi ‘Cyberterrorism’: Tantangan dan Prospek di Era Digital” yang diadakan pada hari Selasa, 5 September 2017 pukul 08.00 WIB.

Menghadirkan Kolonel Sus Dr. Ir. Rudy Gultom, M.Sc. (Kepala Sub-Direktorat Regional – Direktorat Studi Internasional LEMHAMNAS RI) sebagai narasumber, seminar nasional ini bertempat di Auditorium Gedung Roediro Lt.2, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto. Acara ini menghadirkan pula Tanti Nurgiyanti, S.IP., M.A sebagai staf pengajar Hubungan Internasional Universitas Respati Yogyakarta dan didampingi oleh Arief Bakhtiar Darmawan, S.IP., M.A sebagai moderator.

Kegiatan ini dapat terlaksana berkat kerjasama Jurusan Hubungan Internasional Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto dan Jurusan Hubungan Internasional Universitas Respati Yogyakarta. Penyelenggaraannya ditujukan sebagai sosialisasi bagi mahasiswa mengenai tantangan dan prospek yang dihadapi Indonesia di era modern, yakni era yang menempatkan dunia digital sebagai pusat pembelajaran dan perkembangan baru. Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 300 mahasiswa dan peserta. Seminar nasional kali ini juga disertai dengan hiburan musik yang ditampilkan oleh mahasiswa Jurusan HI UNSOED.FullSizeRender

Seminar bertema dunia siber merupakan bagian dari respon Jurusan HI atas isu kontemporer dunia saat ini. Pada tahun 1990 dan 2000, menurut Fortune, lima perusahaan terbesar di dunia diduduki oleh perusahaan minyak dan motor seperti General Motors, Ford Motor, Exxon, International Business Machines/ Wal Mart Stores, dan General Electric. Namun, pada tahun 2017, menurut data The Economist, lima perusahaan terbesar saat ini adalah Google, Amazon, Apple, Facebook, dan Microsoft. Kelimanya adalah raksasa teknologi. Data telah mendominasi dunia saat ini.

Bersamaan dengan kegiatan ini, Ketua Jurusan HI Muhammad Yamin juga memaparkan launching aplikasi android Jurusan Hubungan Internasional Universitas Jenderal Soedirman yang dapat diunduh di Playstore dengan nama “HI Unsoed Update”. Aplikasi ini nantinya akan memudahkan mahasiswa dalam melihat jadwal perkuliahan, tugas-tugas yang diberikan dosen, dan berbagai fungsi lain yang ditujukan untuk mempermudah perkuliahan mahasiswa di era digital saat ini.

HI hebat!

Please follow and like us:
Follow by Email
Facebook
Facebook
Google+
http://hi.fisip.unsoed.ac.id/v2/2017/09/05/seminar-nasional-dunia-siber-mendatangkan-kolonel-sus-dr-rudy-a-g-gultom-dari-lemhanas-ri/
Twitter
Visit Us
Instagram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *