IMG_20170908_212104

Pertemuan Nasional Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Regional Jawa Tengah

Posted on Posted in Berita

Pada tanggal 8-9 September 2017, perwakilan staf pengajar Jurusan Hubungan Internasional mengikuti seminar nasional dan konferensi Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional (AIHII) Regional Jawa Tengah. Seminar dan konferensi AIHII kali ini bertempat di Semarang dan difasilitasi oleh Universitas Diponegoro. Konferensi regional ini sudah dilaksanakan untuk yang kedua kalinya, setelah yang pertama dilaksanakan di Purwokerto pada bulan September 2016 (difasilitasi oleh Universitas Jenderal Soedirman).

Konferensi Regional adalah wadah bersama bagi delapan universitas di Kabupaten Jawa Tengah yang memiliki Prodi/ Jurusan Hubungan Internasional untuk berbagi pengetahuan, pengalaman dan pemikiran dalam pengembangan akademik dan keorganisasian. Delapan universitas yang bergabung dalam AIHII Regional Jawa Tengah adalah Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED), Universitas Diponegoro (UNDIP), Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), Universitas Slamet Riyadi (UNISRI), Universitas Peradaban, Universitas Katholik Soegijapranata, Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surakarta, dan Universitas Wachid Hasyim (UNWAHAS). Konferensi AIHII Regional Jawa Tengah ini juga penting dilaksanakan untuk menyamakan persepsi dan menyatukan visi misi dalam mendorong kepentingan bersama pada tingkatan regional menuju pertemuan AIHII tingkat Nasional.

Rangkaian acara pada pertemuan nasional AIHII Regional ini dibuka dengan seminar nasional pada tanggal 8 September 2017 bertempat di Auditorium Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro dengan tema “Paradiplomasi: Relevansi Studi Hubungan Internasional dalam Mendorong Pencapaian Kepentingan Daerah”. Kegiatan ini diikuti perwakilan oleh 5 (lima) Prodi/ Jurusan Hubungan Internasional, universitas se-Jawa Tengah yaitu Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Diponegoro, Universitas Kristen Satya Wacana, Universitas Slamet Riyadi, dan Universitas Peradaban. Perwakilan dari Jurusan HI FISIP UNSOED adalah Ketua Jurusan HI yaitu Bpk. Muhammad Yamin, M.Si dan Ibu Ayusia Sabhita Kusuma, M.Soc.Sc.

Setelah acara seminar nasional, kegiatan selanjutnya dalam Pertemuan AIHII Regional Jawa Tengah adalah melaksanakan Sidang Akademik dan Sidang Organisasi bertempat di Bandungan, Semarang. Sidang Akademik tersebut membahas banyak hal seperti pembahasan kurikulum masing-masing jurusan, menentukan standar kompetensi di tingkat regional hingga perlu tidaknya membentuk lembaga akreditasi HI tingkat Nasional, serta mengenai Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kegelisahan masing-masing Prodi/ Jurusan Hubungan Internasional juga disorot misalnya mengenai keterbatasan alumni dalam engage ke dunia usaha hingga kurangnya eksistensi dan kontribusi prodi/ jurusan terhadap daerah baik terhadap masyarakat luas, pemerintah daerah dan dunia usaha.

Hasil dari pertemuan Sidang Akademik ini menghasilkan banyak rekomendasi antara lain; pembentukan tim Ad Hoc Konsorsium Audiensi dan Promosi kepada Pemerintah Kabupaten Jawa Tengah, pembuatan profil masing-masing Prodi/ Jurusan HI yang menonjolkan karakteristik atau kekhususan masing-masing baik dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi maupun dalam penentuan kompetensi lulusan, hingga kesepakatan membuat publikasi bersama yaitu pembuatan buku berbentuk Bunga Rampai yang merespon isu-isu daerah. Dalam Sidang Organisasi, pertemuan regional ini membahas beberapa hal terkait pembentukan tim pembuatan AD/ ART dan pembuatan tim Ad Hoc konsorsium sertifikasi lulusan untuk memberikan masukan dalam pembuatan sertifikasi lulusan tingkat nasional. Dalam siding organisasi juga dibahas mengenai penguatan organisasi dan penentuan fasilitator pertemuan tahunan lanjutan yaitu di Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) di tahun 2018 depan.

Secara keseluruhan, pertemuan seminar nasional dan konferensi AIHII Regional Jawa Tengah ini sangat bermanfaat untuk menyatukan kepentingan dan tujuan bersama demi perkembangan dunia keilmuan Hubungan Internasional dan kontribusi Prodi/Jurusan Hubungan Internasional kepada masyarakat lokal/daerah, nasional hingga internasional. Salam AIHII dan Maju Terus Hubungan Internasional Indonesia!

HI hebat!

Please follow and like us:
Follow by Email
Facebook
Facebook
Google+
http://hi.fisip.unsoed.ac.id/v2/2017/09/11/pertemuan-nasional-asosiasi-ilmu-hubungan-internasional-regional-jawa-tengah/
Twitter
Visit Us
Instagram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *