Pelatihan Penelitian dan Pengabdian dalam Lokakarya Epistemik

Posted on Posted in Berita

IMG_9554Pada hari Jumat-Sabtu, tanggal 6-7 Oktober 2017, Jurusan Hubungan Internasional Universitas Jenderal Soedirman mengadakan Workshop Epistemic di Dominic Hotel, Purwokerto. Pertemuan yang berlangsung dua hari di Ruang Orchid tersebut dibuka oleh Wakil Dekan I Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Dr. Joko Santoso, M.Si. sebagai pengganti Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Dr. Jarot Santoso, MS. yang berhalangan hadir.

Hadir dalam acara tersebut perwakilan dari Universitas Peradaban, Universitas Parahyangan, dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Tema pertemuan pada hari Jumat adalah Workshop Penelitian dan Pengabdian. Agenda pertemuan membahas mengenai pelatihan proposal penelitian yang diisi oleh dua pembicara. Pembicara pertama adalah Dr. Tyas Retnowulan yang merupakan dosen Jurusan Sosiologi UNSOED, sedangkan pembicara kedua adalah Dr. Ir. Wiludjeng Trisasiwi yang merupakan dosen Jurusan Pertanian UNSOED.

Dalam lokakarya hari pertama, peserta mendapatkan ilmu mengenai pengalaman pembicara dalam mereviu proposal penelitian. Pertama, banyak peneliti abai terhadap panduan atau pedoman penelitian yang biasanya sudah disediakan. Kedua, peneliti belum mencantumkan nama jurnal yang akan dituju (dalam hal ini, pereviu juga bertanggung jawab jika meloloskan!). Ketiga, urgensi penelitian tidak jelas. Pertanyaan mengapa harus membahas masalah tersebut merupakan persoalan penting yang harus dipaparkan peneliti. Keempat, tidak bisa membedakan antara road map penelitian dan kerangka penelitian. Peta jalan penelitian memiliki konteks yang lebih luas untuk ‘memamerkan’ penelitian-penelitian sebelumnya dan penelitian yang akan dilakukan, sementara kerangka penelitian hanya untuk penelitian itu saja.IMG_9555

Dalam hal ini, yang penting bagi pereviu adalah masalah penelitian, urgensi, dan peta jalan penelitian; rekam jejak peneliti; serta potensi tercapainya luaran, baik itu dalam bentuk temuan baru maupun publikasi seperti bahan ajar, model/ kebijakan, HKI, dan lain sebagainya.

Semoga dengan adanya acara ini para peneliti dapat lebih meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitiannya. Jurusan HI UNSOED mengucapkan terima kasih kepada para dosen dari berbagai jurusan di kampus UNSOED dan dari berbagai universitas lain yang berpartisipasi dalam acara ini. HI hebat!

 

 

 

Please follow and like us:
Follow by Email
Facebook
Facebook
Google+
http://hi.fisip.unsoed.ac.id/v2/2017/10/07/pelatihan-penelitian-dan-pengabdian-dalam-lokakarya-epistemik/
Twitter
Visit Us
Instagram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *