counter easy hit

Pada hari Kamis, 17 Desember 2020, Jurusan Hubungan Internasional Universitas Jenderal Soedirman berkolaborasi dengan Kementrian Luar Negeri Republik Indonesia menyelenggarakan konferensi bertema “Diplomasi Indonesia di Asia Tenggara: Tantangan dan Dinamika Kerja Sama di Kawasan”. Konferensi ini didukung penuh oleh Direktorat Jenderal Asia Pasifik dan Afrika dan Direktur Asia Tenggara Kemenlu RI dan dimulai tepat waktu pukul 10.00 WIB. Seminar yang berlangsung secara virtual melalui Zoom ini dihadiri oleh kurang lebih 200 peserta dari beragam kalangan, seperti mahasiswa dari berbagai universitas, serta pegawai dari beberapa dinas pemerintah daerah di Indonesia.

Moderator seminar ini adalah Puguh Priambodo dari Kemenlu RI dan Arief Bakhtiar Darmawan dari Jurusan HI. Acara dimulai dengan sambutan dari Dekan FISIP Dr. Jarot Santoso, M.S, yang mendukung penuh kegiatan-kegiatan Jurusan HI dan Kemenlu RI. Sementara itu, Rektor Universitas Jenderal Soedirman Prof. Dr. Ir. Suwarto, M.S. berharap bahwa seminar dengan berbagai KBRI di Asia Tenggara ini bisa turut membantu universitas untuk mengadakan banyak kerja sama internasional di tahun-tahun selanjutnya. Berikutnya, Direktur Asia Tenggara Denny Abdi menjelaskan posisi diplomasi Indonesia yang terus berusaha memegang peran penting di Asia Tenggara.

Para pembicara dalam acara ini adalah Bapak Yogo Pamungkas dari KBRI Bandar Seri Begawan, Ibu Hastin Dumadi dari KBRI Singapura, Bapak Ahmad Rama Aji Nasution dari KBRI Bangkok, serta Dr. Agus Haryanto dari Universitas Jenderal Soedirman. Tiap diplomat dari KBRI-KBRI tersebut mendiskusikan upaya Indonesia di masing-masing negara dalam mendorong diplomasi ekonomi beserta tantangan yang ada, sementara pembicara Dr. Agus Haryanto menelaah tantangan Indonesia di Asia Tenggara secara umum.

Dalam acara penutup, Sekretaris Dirjen Aspasaf Ibu Rossy Verona mengungkapkan bahwa acara ini merupakan bukti bahwa relasi antara Kemenlu RI dan Jurusan HI Universitas Jenderal Soedirman masih terus berjalan dengan erat. Ke depan, selain urusan magang di berbagai KBRI, Ibu Rossy mendorong jurusan bekerja sama dalam bidang digitalisasi, yang pada acara kali ini dipaparkan oleh Ibu Hastin dari KBRI Singapura.

Mudah-mudahan kolaborasi ini akan terus berlanjut. HI hebat!

Please follow and like us:
Follow by Email
Twitter
Visit Us
Instagram
Follow by Email
Twitter
Visit Us
Instagram

Windows Lizenz Windows 10 Lizenz Office 2019 Lizenz Kaufen Office 365 kaufen Windows 10 Home kaufen Office 2016 kaufen windows 10 satın al windows 10 pro satın al