counter easy hit

Tiga dosen Jurusan Hubungan Internasional, Nuriyeni K. Bintarsari, M.A. Arief Bakhtiar Darmawan, M.A., dan Sri Wijayanti, M.Si. mengikuti lokakarya setengah hari bertajuk Hoax Boasting and Digital Hygiene yang bertempat di Aula Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Jenderal Soedirman. Lokakarya ini merupakan hasil dari kerja sama antara Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Google News Initiative (GNI), serta Jurusan Ilmu Komunikasi, Universitas Jenderal Soedirman. Pembicara lokakarya ini adalah

Ketua Umum AJI Abdul Manan menjelaskan bahwa acara lokakarya setengah hari ini diselenggarakan untuk mempelajari ketrampilan melakukan verifikasi informasi. Setidaknya ada dua tujuan untuk peserta. Pertama, agar tidak mudah percaya infomasi begitu saja. Kedua, agar para peserta bisa melakukan pengecekan informasi sendiri. Oleh karena itu, dua pembicara, yaitu Pak Fahmi dan Ibu Rini, akan mengenalkan alat-alat untuk menangkal hoaks.

Dalam acara ini, pembicara memperkenalkan beberapa tools untuk pengecekan gambar, seperti Yandex.com dan tineye.com, dan verifikasi video seperti www.invid-project.eu dan citizenevidence.amnestyusa.org. Pembicara juga memberikan contoh-contoh pengecekan langsung foto atau video yang tidak sesuai dengan apa yang diberitakan.

Mudah-mudahan kegiatan seperti ini terus diselenggarakan secara berkala, terutama oleh kalangan akademis.

Please follow and like us:
Follow by Email
Facebook
Facebook
Google+
http://hi.fisip.unsoed.ac.id/partisipasi-dosen-jurusan-hi-dalam-half-day-workshop-hoax-boasting-and-digital-hygiene/
Twitter
Visit Us
Instagram
Follow by Email
Facebook
Facebook
Google+
http://hi.fisip.unsoed.ac.id/partisipasi-dosen-jurusan-hi-dalam-half-day-workshop-hoax-boasting-and-digital-hygiene
Twitter
Visit Us
Instagram