counter easy hit
bahis bahis atlasbet baysansli bet10bet betkolik betsidney fashionbet gorabet holiganbet odeonbet romabet betasus betdoksan betgarden btcbahis casinoper casinovale coinbar eurocasino kazansana lesabahis mottobet trcasino trendbet nerobet bahistek

Dalam rangka Pengabdian kepada Masyarakat, Jurusan Hubungan Internasional Universitas Jenderal Soedirman menyelenggarakan pelatihan hospitality pada tanggal 31 Agustus 2016 untuk diikuti oleh pramuwisata serta jajaran staf Kebun Raya Batursaden. Pelatihan ini ditujukan untuk membekali para pramuwisata dengan pengetahuan dan keterampilan dalam menyambut dan memandu pengunjung di Kebun Raya.

Pelatihan dilakukan dengan format yang menarik, dipandu oleh fasilitator Ibu Tunjung Linggarwati. Pelatihan dimulai oleh fasilitator dengan menanyakan kepada peserta apakah para peserta sudah mengenali dengan baik Kebun Raya Baturraden, mulai dari sejarah dan tujuan pendiriannya, hingga isi di dalamnya. Hal ini penting karena, tanpa sepenuhnya mengenali seluk beluk Kebun Raya, tugas menjadi pemandu akan menjadi lebih sulit. Namun, ada satu hal lagi yang tidak kalah penting selain pengetahuan mengenai objek wisata.

Disinilah Ibu Tunjung kemudian menjelaskan bahwa hospitality atau keramahtamahan adalah ruh dari pariwisata itu sendiri. Tanpa keramahtamahan, objek wisata ini tidak akan dapat dinikmati atau dirasakan manfaatnya oleh pengunjung. Keramahtamahan disini lahir ketika pramuwisata sehat jasmani dan rohani, komunikatif, ramah, mampu membawa diri dan murah senyum, pandai mencairkan suasana, solutif terhadap hal-hal yang diluar dugaan, pandai menjaga kelompok agar tetap perhatian pada objek, serta antusias.

Targetnya disini tidak hanya agar wisatawan dapat belajar di Kebun raya, namun juga merasa nyaman sehingga ingin kembali di lain waktu atau merekomendasikan tempat wisata kepada orang lain.

Please follow and like us:
Pin Share
RSS
YouTube
Instagram
SOCIALICON