counter easy hit

Halo! Perkenalkan aku Tria Novanda Putri atau yang biasa dipanggil Ova pada umumnya, namun dipanggil Ope ketika di kantor. Aku adalah mahasiswa jurusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unsoed angkatan 2017. Saat ini aku selain berkuliah, juga bekerja sebagai pembawa berita, presenter, reporter, tim kreatif, editor, dan segala pekerjaan yang aku bisa lakukan di Banyumas Televisi. Di sini aku akan menceritakan sedikit pengalaman dan testimoni selama kuliah di HI Unsoed dan menyambi part time di Banyumas TV.

Ternyata aku cocok banget kuliah di Jurusan Hubungan Internasional. Sejak SMP, aku sudah memimpikan untuk kuliah di jurusan ini. Walaupun, sempat ditentang oleh orang tua karena berbeda pandangan namun aku tetap kekeh pada pendirian bahwa aku ingin berkuliah di jurusan ini. Akhirnya dari SNMPTN, aku sudah menempatkan Jurusan Hubungan Internasional Unsoed menjadi pilihan pertama. Hingga aku diterima melalui jalur SBMPTN. Setelah memasuki tahun ketiga, aku tambah yakin bahwa ini pilihan yang benar. Dikarenakan kuliah di HI membuat wawasanku sangat luas, menjadi orang yang lebih open minded, dan mampu berbicara bahasa inggris. Padahal awalnya, kemampuan bahasa Inggrisku sangat kurang. Namun, karena tugas-tugas di HI melatihku untuk pandai berbahasa inggris, akhirnya aku bisa. Selain itu, dosennya pun masih muda-muda sehingga sangat asyik saat mengajar di kelas dan pas untuk diajak diskusi dalam hal apapun. Pokoknya keren banget Jurusan Hubungan Internasional.

Nah, lalu bagaimana pengimplikasian ilmu-ilmu yang didapat di HI Unsoed di dunia kerjaku sekarang? Karena aku menjadi presenter di BMS TV, aku dituntut untuk tahu banyak hal walau hanya kulitnya. Aku bertemu dengan orang-orang hebat yang kebanyakan notabennya menjadi narasumber dan aku memandu suatu talkshow. Di dalam talkshow di BMS TV, pertanyaan juga dibuat oleh presenter mengikuti tema yang sudah diberikan. Jadi si presenter harus dituntut kritis dalam membuat pertanyaan yang akan dibahas dalam satu jam. Selain itu, presenter harus menguasai topik talkshow dan harus bisa membangun suasana yang hangat bersama dengan narasumber. Sehingga, presenter harus mengetahui topik yang luas, karena untuk match dengan narasumber. Contoh saja narasumber dari Dinas Pendidikan, presenter harus bisa menggali topik basa-basi terkait bidang pendidikan agar nyambung dengan narasumber tersebut. Atau narasumber dari Kemenlu, maka presenter bisa mengajukan obrolan topik tentang situasi politik negara saat ini. Nah disini kerasa sekali manfaatnya kuliah di jurusan Hubungan Internasional.

Ini dia salah satu talkshow yang paling berkesan untuk ku dimana membuatku merasa sangat bersyukur menjadi mahasiswa HI, yaitu: Satu Jam Bersama Sugeng Suparwoto (Ketua Komisi VII DPR RI). Aku berkesempatan memandu acara 1 jam bersama Sugeng Suparwoto (Ketua Komisi VII DPR RI) dengan tema “Menggagas Pembangunan Energi Nasional di Selatan Jawa” pada hari Senin, 23 Desember 2019.

Dalam talkshow ini dibahas banyak hal tentang topik energi. Lalu aku mengingat banyak ilmu yang telah didapat di mata kuliah, Politik Perdagangan Internasional, Politik Energi Lingkungan, dan Teori Perbandingan Politik  (semester 5). Akhirnya saya banyak berdikusi di luar tema dengan beliau di sela-selas talkshow untuk mencairkan suasana saat break iklan. Seperti dikusi tentang perkembangan perdagangan kelapa sawit, impor minyak, masalah energi terbarukan, protokol kyoto, dampak pembangunan energi kepada kesejahteraan rakyat, dll. Beliau pun menanggapi dengan seru dan Pak Andi juga menjadi sadar bahwa aku mahasiswa FISIP karena mengajukan isu-isu sosial. Hehe menjadi terlihat pintar, padahal hanya tahu kulitnya. Ini lah manfaatnya kuliah di HI.

Sekiranya ini sedikit cerita tentang manfaat kuliah di jurusan HI Unsoed. Kalau kalian ingin bertanya-tanya atau berdiskusi lebih jauh bisa DM aku di instagram yaitu @trianovanda. Terimakasih tidak ku lupa kepada Jurusan Hubungan Internasional yang telah membuatku banyak belajar dan menjadi pribadi yang memiliki wawasan yang luas. HI hebat!

Please follow and like us:
Follow by Email
Twitter
Visit Us
Instagram
Follow by Email
Twitter
Visit Us
Instagram

Windows Lizenz Windows 10 Lizenz Office 2019 Lizenz Kaufen Office 365 kaufen Windows 10 Home kaufen Office 2016 kaufen windows 10 satın al windows 10 pro satın al